Pelatihan NLP – Panduan Bagi Bingung

Jadi, Anda ingin belajar NLP …

Pencarian cepat di Internet untuk Pelatih NLP dan NLP akan memberi Anda berbagai kursus, penawaran, pelatihan guru yang memusingkan, dan janji-janji kekuatan pribadi. Dengan serangkaian pilihan yang membingungkan, bagaimana Anda akan tahu dengan siapa harus dilatih dan di mana mendapatkan informasi jujur ‚Äč‚Äčtentang nilai nyata dari kursus yang ditawarkan?

Berikut adalah beberapa hal untuk membantu Anda dalam keputusan Anda.

1) Apa yang Anda inginkan dari NLP?

Bukan pertanyaan yang paling jelas untuk ditanyakan, tetapi pertanyaan yang sangat penting untuk membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Beberapa orang hanya ingin tahu lebih banyak tentang NLP dan apa yang bisa ditawarkannya. Jika ini adalah kebutuhan Anda, ada beberapa sumber yang bagus di internet yang dapat memberi Anda gambaran tentang apa itu NLP dan apa fungsinya. Cobalah untuk menghindari situs web yang lebih histeris dengan janji kekuatan pribadi, penguasaan pikiran dan percakapan yang meyakinkan. Cari blog dan situs web berkualitas. Menginspirasi NLP, SNLP, Institut NLP, NLP Academy, McKenna-Bandler-Breen, John Seymour AssociatesA adalah beberapa organisasi pelatihan yang didirikan dan tentu saja Richard Bandler, John Grinder, Steve Andreas, Judith DeLozier adalah nama untuk penelitian.

Jika Anda ingin informasi lebih lanjut, cobalah menghadiri seminar satu hari atau lokakarya pengantar. Ini akan memberi Anda perasaan nyata tentang apa itu NLP. Jika tidak ada lokakarya di daerah Anda maka hubungi Pelatih NLP lokal atau Praktisi Terdaftar mereka hampir selalu bersedia menjawab pertanyaan Anda atau setidaknya mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Jika tujuan Anda adalah menggunakan NLP sebagai bagian dari pekerjaan atau bisnis Anda atau jika Anda ingin menjadi Pelatih atau Terapis dengan deskripsi tertentu, Anda harus mengikuti kursus Pelatihan Praktisi.

2) Tidak semua program dibuat sama

Anda perlu memahami bahwa, pada saat penulisan, tidak ada badan akreditasi tunggal untuk NLP. Ini berarti bahwa lembaga pelatihan dapat menjadi hukum bagi diri mereka sendiri dalam hal apa yang membentuk dasar pelatihan mereka. Setelah mengatakan bahwa tiga tingkat pelatihan yang diakui dengan NLP (Praktisi, Praktisi Magister dan Pelatih) memang telah menyetujui standar minimum dalam hal konten – hal-hal yang perlu diajarkan dan dipahami di setiap tingkat.

Ketidaksepakatan besar tampaknya berasal dari gaya pengiriman dan panjang masing-masing kursus.

Misalnya Anda akan membaca tentang kursus ‘on-line’ dan ‘korespondensi’.

Di sisi positifnya mereka melibatkan tingkat investasi pribadi yang relatif rendah tetapi pada sisi negatifnya bagaimana Anda dapat mempelajari pola komunikasi, teknik intervensi dan keterampilan membangun hubungan jika Anda tidak bekerja dengan orang lain di bawah bimbingan seorang pelatih?

Anda akan membaca tentang ‘kursus intensif’ yang berlangsung antara 1 dan 7 hari.

Di sisi positifnya Anda akan mencakup elemen inti dari pelatihan yang diperlukan. Pada sisi negatifnya di mana Anda memiliki ruang untuk merefleksikan pola dan ide yang telah Anda pelajari, apalagi dapat menerapkannya dengan tingkat kepercayaan apa pun. Pelatih yang menawarkan ‘kursus intensif’ ini sering kali membuat banyak materi pendukung, pra-pembelajaran dan ‘kecepatan di mana pikiran bawah sadar dapat belajar’. Penulis dan pelatih ini akan berargumen bahwa bahkan dengan materi terbaik transformasi pribadi, internalisasi pendekatan dan evaluasi ulang nilai-nilai dan sikap pribadi adalah sesuatu yang membutuhkan dukungan, perhatian, dan waktu. Benar teknik NLP dapat dipelajari dengan cepat dan mudah, tetapi hati dan jiwa NLP adalah sesuatu yang berkembang dari berbagi dan mengeksplorasi pengalaman dengan orang lain.

Anda akan membaca tentang ‘kursus panjang’ sekitar 20 hari atau lebih.

Kursus ini dapat diatur dalam berbagai cara – tetapi fokusnya selalu tentang menciptakan ruang dalam pembelajaran untuk direfleksikan. Kursus ini mungkin sebenarnya lebih murah daripada 7 hari intensives, tetapi mereka sering melibatkan lebih banyak pekerjaan dalam bentuk catatan belajar pribadi, proyek penelitian dan studi kasus.

Banyak dari lembaga pelatihan profesional dan Asosiasi NLP yang datang pada kesimpulan bahwa persyaratan pelatihan minimum untuk Pelatihan Praktisi tingkat profesional adalah 20 hari. Jadi, jika Anda merencanakan keterlibatan jangka panjang dalam komunitas NLP ini mungkin layak dipertimbangkan.

3) Pertimbangkan Pelatih

Siapa yang akan melatihmu?

Banyak ‘kursus intensif’ dengan ‘pelatih selebriti’ tidak memberi Anda akses ke ‘pakar selebriti’ sepanjang waktu. Sebenarnya pola tipikal adalah input pembuka dari ‘master’ diikuti oleh beberapa demonstrasi. Sisa kursus akan dipimpin oleh asisten yang membimbing Anda melalui materi. Juga ingat bahwa beberapa sesi pelatihan lari ‘selebritas’ adalah dalam kelompok besar, di tempat-tempat besar sehingga Anda dapat menjadi salah satu peserta pelatihan dalam 80 tahun atau lebih mencoba untuk mendapatkan umpan balik pribadi yang berharga dari pelatih.

Apa latar belakang mereka?

Ini bukan hanya tentang kredensial NLP mereka, tetapi tentang fokus spesifik mereka karena ini akan membentuk konten dan ‘rasa’ dari kursus. Seorang pelatih dengan latar belakang penjualan atau bisnis akan cenderung mengambil contoh dan anekdot mereka dari jenis pengalaman dan situasi tersebut. Seorang pelatih dengan latar belakang pendidikan atau terapi akan memanfaatkan pengalaman terkait mereka. Jika ada kecocokan antara fokus atau minat Anda dengan pelatih, Anda cenderung mendapat lebih banyak dari kursus.

c) Apa yang Anda investasikan dalam kursus berbanding lurus dengan apa yang Anda dapatkan darinya.

Ada tiga jenis investasi di sini.

Yang pertama adalah keuangan.

Kursus Pelatihan Praktisi NLP mungkin tidak murah. Biaya kursus sangat bervariasi, tetapi rata-rata sekitar 2.800 untuk pelatihan Tingkat Praktisi. Jika mereka jauh lebih sedikit dari itu Anda mungkin perlu bertanya tentang ukuran kelompok; tingkat pengawasan pelatih dan apakah akan mematuhi standar minimum yang disepakati. (Anda dapat menemukannya di internet, tetapi Inpsire NLP akan dengan senang hati mengirimkan informasi kepada Anda tentang masalah ini.)

Dapatkah Anda melakukan investasi semacam ini dan akankah organisasi pelatihan mendukung opsi pembayaran yang fleksibel?

Yang kedua adalah tentang waktu.

Ini bukan hanya tentang lokakarya, pelatihan yang dipimpin pelatih, tetapi tentang jurnal pribadi dan pekerjaan proyek yang diperlukan sebagai bagian dari kursus. Tidak semua kursus NLP mengharapkan pekerjaan tambahan seperti itu. Jika tidak, mungkin Anda bisa mempertanyakan sejauh mana kursus dan pelatih tertarik untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan pribadi Anda.

Bisakah Anda menginvestasikan waktu untuk memenuhi persyaratan kursus?

Yang ketiga adalah tentang Anda.

Apakah Anda bersedia terlibat aktif dalam perjalanan Anda sendiri? Semua siswa yang kami miliki mendapat kehormatan untuk mendukung melalui pelatihan NLP mereka di Institute NLP atau Inspire NLP telah mengomentari sejauh mana kursus telah ‘mengubah hidup mereka’ dan ‘hubungan mereka dengan orang lain’.

Tidak semua orang beralih menjadi Pelatih atau Terapis NLP tetapi semua orang diubah oleh proses belajar NLP – apakah Anda bersedia terlibat dalam perubahan itu.

4) MEMINTA dan Anda akan TAHU!

Kebanyakan jika tidak semua Pelatih dan Organisasi Pelatihan NLP dengan senang hati menjawab pertanyaan spesifik apa pun yang Anda miliki. Usahakan untuk tidak hanya mengandalkan brosur atau situs web mereka. Buat kontak dan, jika perlu, atur waktu untuk percakapan singkat.

Tanya pelatihnya …

…. tentang dukungan, pengawasan, dan pelatihan satu-ke-satu yang dapat mereka miliki selama kursus

…. jenis kegiatan lokakarya dan tugas belajar yang akan membentuk isi kursus

…. tentang ukuran grup minimum dan maksimum

…. jika memungkinkan untuk berbicara dengan seseorang yang telah menghadiri pelatihan

…. apa yang telah dilakukan oleh siswa masa lalu mereka dengan pelatihan NLP mereka

…. jika pelatih telah berkontribusi pada publikasi, penelitian atau pelatihan lain di luar organisasi mereka sendiri

Dapatkan rasa pemimpin kursus dengan berbicara dengan mereka.

Anda diminta melakukan investasi besar, paling tidak yang bisa dilakukan pelatih Anda adalah menginvestasikan waktu bersama Anda.